Jumat, Oktober 09, 2009

4 SEKAWAN

(Teti Fathiyah '89)

Ragu ragu tuk menulisnya…. Bingung…naon nu bade diserat….

Tapi… coba aja deh bikin cocoretan siapa tahu jadi cerita yang bikin orang tertawa.. daripada cemberut … atau malah cemberut setelah baca cerita ini.. yaaah keun wae lah.. pokokna mah mencoba ..dan mencoba.. untuk berbagi cerita… tanpa dialog…

Berawal dari sebuah pertemanan kami 4 anak kecil yang imut-imut, luthu, culuuun, polooos pisan,sesuai dengan sifat dan karakter anak2 jaman baheula yang ga tau kana gaya… seperti anak sekarang yang kecil2 dah pandai bergaya nan cantik bak bidadari… wah tebiiih pisan bentenna.

Candanya..cerianya..polosnya.. seakan tanpa beban tertawa lepas bebas serasa dunia ini milik kami sendiri.. tiap pagi berangkat sekolah pasampeur sampeur, sekolahnya juga Cuma berangkat,belajar dan bubar. Tanpa berfikir pulang sekolah harus les ini les itu (jiga barudak ayeuna dijejelan ku sagala rupa les) pokokna mah bebas aja..

Tiap pulang sekolah berjalan rame-rame walaupun lumayan jauh (dulu mah lom ada yg dijemput motor komo mobil mah) sambil lari-larian…kejar-kejaran… duh bahagianya mengingat keceriaan kami..

Seringkali tiap pulang sekolah tanpa menanggalkan baju seragam yang Cuma satu-satunya kami langsung aja bermain … mainnya juga sorabi2an dibuat dari tanah yang dicetak2 sama campur mie.. ( yang diambil dari pohon merambat warna kuning seperti mie naon namina nya…) main begitu juga dah seneng banget. Da jaman baheula mah boro2 aya mainan bagus komo Barbie mah teu kenal2 acan.. Apalagi mainnya di tempat paporit dibawah pohon jambu pinggireun balong di sebuah rumah sederhana di blok 3 balangko desa caracas kecamatan cilimus kabupaten kuningan huuuh kepanjangan deh…

Pokokna mah setiap hari nongkrong bari teterekelan dina tangkal jambu metikan jambu nu masih parentil buat digerus jadi masak masakan.. sambil ngoceh seuseurian tapi lupa apa ya yang diobrolin.. maklum cerita jaman masa masa kecil hese ingetna oge.. komo kedah ditulis didieu mah dah ah tambah lieur mengingatnya.

Tapi semua keceriaan ini sayang sekali ya tidak dimiliki anak2 sekarang yang nonrongnya di depan computer, main ps, tv deui tv deui… ga ada yang seru…selain tangannya yang asyik berkutat mencetan huruf2 yg ada di keyboard.. bari chattingan katanya mah kitu…

Dulu sih teterekelan dina tangkal jambu… babancetan.. enengan.. bebentengan… waah masih pada inget ga ya…

Setelah puas bermain dengan keadaan yang kotor dan kummel tanpa segan tanpa ragu tanpa kaisin (mun ayeuna mah isin meureun) kami langsung menaggalkan apa yang menempel di badan kami…buka baju (iiiih bukan porno lho….maklum budak leutik kelas 4) kami berempat langsung nyebur ka balong… padahal eta bukan kolam renang hanya kolam ikan yang penuh leutak tapi cukup luas cukup untuk kami ngojay…waah suegerrr. Ih mun inget ayeuna mah jorok he he… tapi jaman dulu mah ngojay di kolam ikan ge serasa ngojay di cibulan…

Kebiasaan itu berlangsung dari hari kehari… bulan ke bulan.. tahun ke tahun… tanpa terasa saat itu kami sudah beranjak ‘rada gede’ nyampe juga kelas 6. Tapi maklum budak kampung jaman baheula kelas 6 ge tetep aja santai ga tersiksa mikirin belajar ataupun les di bimbel paporit (tacan aya) pikirannya maiiin terus.

Sampai pada suatu hari sepulang sekolah kami janjian untuk berkumpul di rmh salah seorang teman kami sambil membawa bekal seadanya.. dengan gaya 4 detektif cilik yang mau mencari harta karun.. kami naik ke sebuah munjul yang kata orang2 mah angker… tanpa rasa takut dan sok jagoan kami berjalan melalui jalan setapak sambil tak ketinggalan ocehan ala caracasan maneh jeung aing masih suka keluar dari mulut2 mungil kami. Akhirnya jalan setapak itu mengantar kami ke puncak munjul.. waaah hebat pikiran kami waktu itu berhasil naik kesana asa pang jagoanna .

Dengan santainya kami gelar tiker dan membuka perbekalan yg kami bawa ( teu pira Cuma nasi,sambel,sama lauk asin) tapi rasana nikmat bae da boro2 aya fried chicken mah can usum… sambil menikmati bekal kami pun dg asyiknya memandang pemandangan di bawah munjul yang indah… rumah2 berjejeran terlihat dari atas.. jalan raya caracaspun terlihat jelas.

Sedang asyik memandang pemandangan,pandangan kami tertuju pada sebuah rumah… rumah teman kami yg sudah pindah ke daerah lain… tiba2 keluar seorang ibu.. dan entah kenapa si ibu itu pun melihat kami dari bawah sana… beliau melambaikan tangannya mengisyaratkan memanggil kami…. Tanpa pikir panjang kaki mungil kami berlarian menuruni jalan setapak kea rah rumahnya. Dengan tanpa mempedulikan tikar dan tempat makan yg kami bawa tadi, ditinggalkannya tanpa dibereskan.

Akhirnya sampai juga di rumah ibu teman kami yang bernama Euis (sekarang gat au ada dimana). Tanpa basa basi si ibu yang baik ini mengajak kami ke palimanan ke rumah barunya. Tanpa mempedulikan Napas yang tersengal sengal karena balapan turun… kamipun setuju aja.. (maklum dlm pikiran kami horeeee seneng pisan diajak jalan2 naik mobil bagus, maklum jaman dulu naik mobil teh asa mewah pisan)

Dasar anak2 ya tanpa izin kepada orang tua kami pun ikut ke palimanan . ngeeeeng mobil pun melaju… pendek kata sampailah kami di palimanan bertemu dengan Euis . Euiiiiiiis teriak kami sambil bersalaman dan lansung asyik bermain … waaah dengan polosnya kami melihat rumah yang memang bagus pada saat itu mewah deh.. ditemani kue kue diatas meja.. minumnya sirup. Duuuh sirup teh jaman baheula mah asa pang enakna… dah saking asyiknya lupa alias ga mikir kana waktu yang semakin sore…..

Sementara itu….. ada apa di caracas?????

Heboooooh….ada sebuah kehebohan di caracas…. Tanpa kami tahu apa yang terjadi disana… Orang2 saling bertanya… saling bingung..cemas… beredar kabar ada 4 orang anak perempuan hilang di munjul semua panic.. ada apa di munjul… aduuuh eta aya culik… nyulik budak 4… ada pula yang berkata waah jangan jangan digondol kalong wewe… maklum di munjul kan angker jadi pikirannya macem2.. semua orang mencari kesana kemari.. maklum mau magrib belum ketemu juga.. alhasil tak juga ketemu hanya tikar dan tempat makan yang tersisa.. mereka semakin panic…

Hampir aja putus asa mau nyari orang pinter bikin bubur merah bubur putih, ayam hideung ayam putih… heuuuh judulna mah heboh bae para ortu kami…. Nyari budak 4 ga ketemu juga….

Kembali lagi ke palimanan tanpa memikirkan orang sekampung yg sedang panic paciweuh milarian budak nu leungit …eeeh si bocah kecil nih masih asyik aja main… ga mikirin waktu…komo inget pulang mah teu mikir pisan.

Soalnya dah sibuk dengan boneka2 yang pada waktu itu kami ga punya.. paling2 kami bikin wawayangan dapi pohon sampeu dipilin2 jadilah wayang..

Sambil rambut kami pun suka dikeriting pakai tangkai daun sampeu tea.. padahal mah satu diantara kami ada yang memang udah keriting asli . bayangin aja jadinya kayak apa.. tambah kriboo he he… ( nu nuju maca tong ambek nya he he…..)

Akhirnya tiba juga saat pulang.. ke ameng deui nya… kata uis sebagai kata perpisahan dadaaaaah.

Kamipun melaju kembali ke desa caracas kampung halaman tercinta…

Turun di pengkolan caracas pulang ke rumah masing2 dalam keadaan gelap disambut dengan berbagai pertanyaan eeeh tos timana…. Aya naon di munjul.. teu kunanaon kan sambil meriksa seluruh badan bilih aya nanaon… bilih teh diculik.. atanapi dibantun ku wewe gombel… duuh syukur alhamdulillah ari teu kunanaon mah…

Namun dengan polosnya dan tanpa dosa kami menjawab tos ameng ti bumi euis diajak ku mamina euis ka palimanan.. iiih resep teh mih ….rompokna sae.. kuehna raos.. emuhna sirop .. seueur boneka … naek mobil sae…

Kabayang deh muka2 polos anak jaman dulu…

Kali waktu itu orang tua gemeeees pisan saking keselna nyari kaditu kadieu..tp ditahan… eeeh anaknya lagi main2 enak enakan ya.. tanpa mikir perasaan ortu… maafin kami ya miiih …

Akhirnya dengan bangganya kami perkenalkan 4 sekawan ini dengan nama TEKI Singkatan dari nama2 kami TETI – EEN – WIWIK – WIWI yang sampai saat ini personelnya masih lengkap walaupun jarang ketemu… namun kami tetep inget akan cerita ini…

He he he inget kejadian itu ayeuna mah seuseurian baik si mimih atupun kami sbgi anak nya… teu dicarekan deui…

Yaah kejadian yang ngeselin pada jaman baheula sekarang mah jadi bahan guyonan. Wiwik…een.wiwi..masih inget kan..ceritana he he…. ( tong diemutan nu tataranjangna mah bilih isin he he)…

Yaaah lumayan deh buat ngadongeng ka anak2 yang kebetulan masih kecil2… yang tidak pernah ngalamin pengalaman kami yang cukup menghebohkan.. yang mungkin kl kejadiannya terjadi sekarang pasti dah lapor polisi…. ( bersambung )











4 komentar:

nengndrie '88,  9 Oktober 2009 pukul 13.51  

Alhamdullilah...semakin banyak kemajuan blog urang nya...kamari Dadan, ayeuna Teti...teu nyangki neng Tet berbakat juga wat jadi penulis..siiippp...(teu sia-sia abdi "mapanas" rerencangan sina nulis....xixxi)..

dansa 9 Oktober 2009 pukul 22.15  

ha..ha..ha bandel kok kelewatan sih Teh, tapi aku suka ceritanya..ada yang teterekelan dipohon ha..ha, moga aja ga ber evolusi lagi jadi Darwin yah ! apa jadinya kalo Teteh teterekelan lagi di pohon. Pasti sampe sekarang kalo mandi ga pake baju yah ? ha..ha ketauan sekarang mah...!!. truz sambungannya jangan lama2 yah ! aku jadi ga sabar pengen tau anak bandel yang satu ini.

wifapuni,  9 Oktober 2009 pukul 22.29  

haha...akulah salah satu personel TEkI yg beruntung bs baca cerita dari teti,spt kelempar ke masa lalu..jgn salah,biarpun kmi bandel2 tpi u pljaran dan kreatifitas jg top markotop! msh banyak deh yg blm teti ungkap..makanya di tunggu ya sambungannya..! nuhun teti utk nosstalgianya..

wifapuni,  14 Oktober 2009 pukul 09.20  

haha...teti...sambungan cerita yang kedua bikin aku tertawa geli sampe cakit peyut..ingat waktu kita'jogjrog' pagi pagi buta menjemput si kaka..tpi ada info yg teti blm tau, eta si kaka krm srt wkt aku klss 1 smp..tpi ngk prnah dibls nepi ayeuna..lama lama dia benci dan malu, trus ngk mau lagi menyapaku..aku sedih..kenapa dia cuek? baru skrg kepikir..ya uuiwyalaah..ditembak di surat koq ngk mw blz...dasar budak leutik..ngk ngerti kalo hrs di blz..haha

Posting Komentar

POSTING TERBARU

KOMENTAR TERBARU

  © Free Blogger Templates Blogger Theme by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP