Senin, Oktober 12, 2009

Tangkal Jambu

(Teti Fathiyah)

Masih seputar tangkal jambu… banyak sekali cerita .. dari mulai teterekelan jiga tarsan saat masa2 kecil, bari nyebur ka balong. Sebagai gambaran pohon jambu itu tumbuh di sisi kolam ikan yang panjang dahan nya bercabang cabang indah sampai menjulur ke kolam.. jadi kl lagi naik pohon jambu trus ada yang lagi ngojai wah kacipta sok aya nu ngintip nu keur teterekelan. Maklum lah anak2 kecil sok iseng pengen tau tea he he…dah ah tong diterskeun nu eta mah.
Sampai beranjak menjadi remaja ingusan tapi teu meler lhooo…dan bertambah teman karena sudah naek kelas tea ka smp, tangkal jambu ini penuh dengan kenangan. Teman,sahabat bahkan orang2 special pasti ingat kana tangkal jambu ini. Yang merasa punya memory pasti lagi senyum-senyum simpul mengingat masa2 itu. Bagi yang ga punya kenangan daripada bengong menebak2 ada apa gerangan mending ikutan baca aja deh ..he he.
Ternyata pohon jambu nih punya sejuta kenangan yang tak akan habis jika dituliskan.. Sekedar mengingatkan buat yang punya pengalaman.. saat itu yang namanya teti tuh masih polooos, culuun, imut imut (jangan bilang amit2 lho..) sampe2 dah smp juga ga rasa dia tuh msh sprt anak kecil yg polos. Bahkan saat temen2 mulai larak lirik nu kasep cenah iih da eta nu namina teti mah teu ngartos nu kumaha nu kasep teh. Tapiiii justru dialah yang punya banyak cerita. Maklum yang punya tangkal jambu tea he he..
Ini adalah kisah teman se geng .. yang bener2 sama kurus,mungil, tapi imut2 hitam jelek lagi he he kecuali wiwik. Walaupun berambut sedikit berlebih keritingnya, tapi dia putih bersih dan cantik.Cuma rambut aja yg jd bahan senyuman (padahalmah pengen ngakak )komo mun diliatin fotona pasti seusseurian (skrng mah engga kok,cantik kok) etamah dari kecil hingga sekarang emang pang geulisna. Pokokna nu janten bentang seueur nu naksir padahal mah nembe smp..yang naksir juga banyak bahkan sampai anak sma pun pada ngelirik dia. Ta pi sumpah wik kenapa kok dulu ga ngerasa iri ya sama wiwik yg cantik he he.. bahkan kami sebagai temannya bangga punya teman yg cantik juga banyak yang naksir .. jadi kami ikutan deh ngetop bak selebritis he he he..tapi kl disebutin satu satu siapa yg naksir wiwik waaah nanti ada yang protes deh berabe deh urusannya takut ah suaminya polisi ntar ditembak lagi he he... nah salah satunya suka curi2 pandang saat kami ngumpul di bawah pohon jambu itu.. dari kejauhan dia pandang,,pandang tertuju sama yang keriting tea. Kalau saaja si cowok itu ga cerita ke teti pasti sampai saat ini ga tahu kl dia naksir sm wiwik.. tapi sayang dia ga berani mengungkapkan keinginan dan rasanya kepada yang bersangkutan. Dia hanya berani dari kejauhan aja. Baginya cukup memandang dari jauh sudah lega hatinya.. menurutnya dia takut karena kami adalah sekelompok selebritis yang bukan kelasnya… ( padahal kami ga ngerasa gitu lho) .. tapi ya sudah lah salah sendiri kl nyesel karna ga ada keberanian ditolak ya he he.. nah ceritanya mulai dari wiwik ya.. (sok ngambek ge da tebih ieuh )
Namun lain yang menaksir lain lagi yang ditaksir… tanpa disebut namanya … si empat sekawan yang baru kelas satu smp nih punya cerita juga tong ngambek nya wiiik ini cerita kita semua kok yang mungkin jaman ayeuna mah disebut lebay he he..
Ada satu orang yang saat itu mungkin bagi kami menarik ya.. seorang anak 3 sma necis (sebuah sma yang nanti juga akan penuh cerita) sebenarnya dia bukan orang asing bagi kami. Dia sudah cukup kenal dengan kami.. namun karena kami anak perempuan yg memang gengsi kl hrs mengungkapkan kata naksir apalagi sama orangnya langsung yang jaman sekarang mah cewek juga suka nembak duluan he he. Beda jaman dulu mah penuh dengan pura2 padahal mah daek he he…dengan polosnya tiap minggu pagi abis subuh kami pura2 lari pagi lewatin rumah dia, berharap bisa memandang wajahnya yang menurut kami dulu bersahaja.. tapi kl inget sekarang mah amit amiiiiit he hee… tapi ya itulah pikiran anak ingusan.. melihat rumahnya saja sudah deg2an katanya.. apalgi kl dia keluar waaaaaah kami saling bisik bisik itu tuh kaluar aduh kumahanya bade nyarios naon mun pendak ah kita pura2 ga liat aja yuk … dengan ‘sok’ tidak peduli kami meneruskan acara lari pagi sampe pengkolan linggarjati.. saat balik lagi kami berharap ketemu lagi he he he.. dasar yang lagi pura2 tea.. sok lebay nya..dan .. haaay dia menyapa.. wah sontak aja hati kami semua deg deg an padahal yg naksir Cuma wiwik lho kami Cuma jadi ikutan deg2an. Wah rasanya disapa gitu aja rasanya berbunga2.. eeeh ga Cuma nyapa, dia juga ngajak ngobrol.. kami sebagai penonton yang mengawal yang sedang kasmaran jadi ikut sibuk berbasa basi menutupi rasa gundahnya hati wiwik..he he…bla bla bla.. kami pun ngobrol sejenak.. terakhir yang saya ingat dia bilang kamu tuh “caem “ sama wiwik padahal saat itu kami ga tau artinya apa..dengan msh menyisakan tanya kami pun pulang …
Sepanjang jalan kami bahas eeh artina caem teh naon sih.. teuing naon teu terang. Tapi rasa penasaran kami membuat kami terus membahasnya hingga sampailah kita di tempat paporit nyaeta tangkal jambu tea… sambil nerekel metikan jambu trus kami mengunyahnya dengan nikmat… emang jambunya enak sih… tak lepas dari bahasan caem tea.. tanpa pikiran apa2 dengan kepolosannya neng teti nih menunjukan kesungguhannya ingin Bantu mencari tahu.. Tapi dasar si culun tea yang belum punya kaisin tapi jiwa penolongnya dan solidaritasnya yang tinggi besoknya saat ketemu si kaka biasa kami menyebut si cowok itu. Si teti nan polos ini nyeletuk kaka kaka ari caem teh naon siiih… (kali saat itu si kaka ketawa dalam hati dengan terbahak bahak dan pengen bilang dasar budak leutik oooon he he) tapi si kaka menjawab dengan santainya” emang kunaon..” eta tuda kamari kaka nyarios kitu teh teu ngartos “oooh hoyong terang? Caem teh artinya cantik geuliis” mulut mungil ini pun mengucap oooooh dengan panjangnya.. kalo inget jaman dulu isiiin ku polosna he he..
Akhirnya datanglah saat yg ditunggu2. si kaka ini ngirim surat cintanya buat wiwik si cantik yang mempesona ini. Dengan gaya mak comblang teti pun memberikan surat itu kepada wiwik. Dan kami berempat membacanya…how wow.. wow.. isinya seperti yang ditunggu2..dia juga naksir sm wiwik. Tapi dasar anak ingusan ya.. dah datang yang diharapkan eeeh malah bingung naon nya jawabna.. kumaha yeuh mun pendak.. dah ah kepanjangan lagi kl dibahas.. seiring waktu berjalan walau belum ada jawaban kami dan si kaka pun biasa aja ngobrol ngaler ngidul…namun singkat cerita jadian deh tuh si kaka sm wiwik … tapi yang lucu ya.. kl si kaka itu janjian mau datang.. kebetulan markasnya memang di rumah teti..(mungkin kl di rumah wiwik sendiri takut diomelin he he..) yang walau rumahnya sederhana tapi sangat nyaman buat ngumpul2 eeeh 4 sekawan ini kompak bebersih rumah teti.. ada yang nyapu.. ngelap meja.. siapin minum (dalam pikiran teti waah lumayan deh kerjaan gue berkurang ada yg bantuin he he) pokokna kompak mendukung yg lagi kasmaran hanya tuk menyambut kedatangan si kaka ini.. uuuh siapa yang mau ngapel siapa yang sibuk he he kl sekarang pada mau engga ya disuruh nyapu ngepel..he he
Tapi dasar gaya pacaran jaman dulu ya yang pacaran siapa yang ngobrol siapa… kami tuh ikutan nimbrung ngobrol tanpa memberi kesempatan duduk berdua he he kali dalam hati wiwik iiih ngapain sih ikut2an he he.. tapi lama lama kami pun merasa ga enak hati dan tahu diri juga nih akhirnya kami tinggal juga.. dan mereka menuju tangkal jambu… tapi ga macem2 kok karena ada yang ngintipin pacaran lewat jendela ha ha ha… entah apa yang mereka bicarakan tapi kami ikut ketawa2 atau ngetawain ga tau deh..
Kl saja ada obie mesakh lewat pasti dah dibikinin lagu.. malu aku malu sama semut merah yang ada di pohon jambu di depan rumah teti…. Kumaha nya nynyina mun kitu… sok lah pang ngarangkeun…
Duuh masa mau diceritain semua.. jangan deh nanti ketahuan.. sok bae terusin ceritanya menurut keyakinan masing2… ( mau nyambung?)

2 komentar:

dansa 12 Oktober 2009 pukul 17.11  

hahaha..Ternyata pernah pacaran sama orang juga yah ???, padahal dari awal aku menyimak, kalian bergelantungan di pohon jambu, hehehe.... tapi aku jadi tahu bahwa perempuan juga nakal yah.?? lanjut Teh ceritanya ! ingin tahu mau jadi apa gerangan gadis-gadis pohon jambu ini ?? jangan lama2 yah, aku masih penasaran neh...!!!

Abah Eman 15 Oktober 2009 pukul 22.06  

Wilih ini pengarang anom tea mani aseli pisan gaya bahasana anu memikat hati. Sok atuh mangga dilajeng bari dipangduakeun ambeh janten penulis handal. Beu ambeu, ampir weh ku abah di kopas, tapi untung weh abah masih sadar nun. Wassalam.

Posting Komentar

POSTING TERBARU

KOMENTAR TERBARU

  © Free Blogger Templates Blogger Theme by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP